USB Go To Campus

Bertambah lagi sebuah Universitas di Bandung yang telah menerapkan program USB dengan Victor Asih sebagai dosennya. Program USB diterapkan pada mata kuliah wajib kewirausahaan di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNJANI yang diikuti lebih dari 150 mahasiswa. Berbagai kesan positif dari para mahasiswanya disampaikan tertulis secara spontan setelah mereka mengikuti 10 kali pertemuan mata kuliah kewirausahaan dengan program USB.
Beberapa kesan diantaranya kami sajikan pada artikel ini, yaitu :

[Annisa Rizki, akuntansi 2008] : Wow! Menakjubkan! Belajar entreprenurship dengan cara yang berbeda, sangat menyenangkan, belajar berwirausaha secara nyata, tidak hanya teori tetapi kita langsung belajar berwirausaha secara langsung. “Learning by Doing. Not Doing not Learning”.

[Dwi Setiyanti, akuntansi 2009] : Menarik, Asyik, Berbasis Kompetisi (keseimbangan materi dan praktek).

[Andrys Permata Rahayu, akuntansi 2009] : …Saya merasakan pola pikir dan jiwa saya sedikit demi sedikit mulai berubah menjadi lebih baik dan pola pikirnya seperti entrepreneurs. Mata kuliah ini menyenangkan dan tidak membuat stress. Mata kuliah yang paling inovatif.

[Weni Mardi Waluyani, akuntansi 2009] : Unik dan Menarik adalah dua kata yang menurut saya tepat mendeskripsikan kuliah kewirausahaan ini. Hingga bila kita melewatkan satu sesi saja kita akan kehilangan sesuatu yang tidak akan kita dapatkan di buku teori mana pun…

[M.Ridwan S, akuntansi 2008] : Mata kuliah ini sangat unik dan berbeda dengan mata kuliah yang lain karena mata kuliah ini dapat memberikan inspirasi positif yang banyak, dan salah satunya adalah memberikan semangat be the young entrepreneur especially for me…memberikan aura positif kepada saya.

[Nadia Putri, akuntansi 2009] : Saya merasa menjadi orang yang lebih percaya diri dibandingkan sebelumnya…dapat mengatur waktu lebih baik, …selalu berkomitment dalam melakukan suatu kegiatan.

[Riska Fethy Liana, akuntansi 2009] : …Setelah mengikuti pembelajaran ini, saya mendapatkan pencerahan mengenai sebuah kesuksesan yang bisa kita dapatkan dengan usaha dan kerja keras untuk menjadi seorang entrepreneur…Terus kembangkan USB ini karena sangat bermanfaat untuk banyak orang, terutama untuk para mahasiswa yang amsih bingung untuk menentukan pilihan hidup.

[Reza Pradipta, akuntansi 2008] :…Mata Kuliah entrepreneurship ini memang “Ajib” karena materinya dapat mengubah kehidupan seseorang ke arah yang lebih baik ditambah dengan dosennya yang handal & kharismatik.

[Raden Rani Fitri, akuntansi 2008] : …memotivasi saya untuk berhenti menjadi orang malas karena kemalasan adalah pencuri impian dalam hidup.

[Luluk Dwiana, akuntansi 2008] : …Ilmu-ilmu yang diberikan sangat unik, kami diajak berpikir dan melihat sesuatu dari segi/sudut pandang lain/berbeda yang sebelumnya tidak pernah saya lakukan. Membuat saya jadi berpikir positif.

[IrfanFelani, akuntansi 2008] : …Awalnya sich saya menganggap materi yang diberikan biasa saja, akan tetapi setelah mengikuti tiap sesi perkuliahan materi yang diberikan ternyata sangat luar biasa sekali. Banyak pelajaran yang saya dapatkan.

[Esti Anggraeni, akuntansi 2009] : Luar biasa mengesankan karena Pak Victor dapat memotivasi saya untuk berani berbicara di depan umum dan membuat saya belajar berwirausaha walau pun itu sulit…

[Christina Damelia, akuntansi 2009] : Selama mengikuti mata kuliah ini sangatlah luar biasa karena saya termotivasi untuk menjadi entrepreneur dan terinspirasi untuk menjalankan sebuah bisnis.

[Elzanisa Amma, akuntansi 2008] : Lain daripada yang lain…Perbedaan menjadikan mat kul ni lebih terasa luar biasa ^-^

[Hendrita Y. Asuan, akuntansi 2008] : …Pokoknya USB beda dari yang lain. USB TOP…BGT…!!! USB buat saya lebih berani…TQ…USB…

[Rohaeni, akuntansi 2009] : Kuliah yang bebas berekspresi penuh dengan motivasi hidup dan banyak membantu saya untuk mengubah pola piker menjadi lebih baik lagi…

Dan masih banyak lagi kesan positif yang senada disampaikan oleh ratusan mahasiswa lainnya dari berbagai universitas yang telah merasakan program belajar entrepreneurship ala USB. Hal ini membuktikan bahwa program belajar entrepreneurship USB banyak disukai oleh para mahasiswa dan terbukti efektif diterapkan dalam mata kuliah kewirausahaan di universitas.
Semoga semakin banyak universitas yang dapat bekerja sama dengan Sekolah Bisnis Gratis USB di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

